Organisasi
Proyek
Pengertian Umum
·
Organisasi dalam arti statis
Organisasi
adalah satu wadah bagi sekelompok orang untuk melakukan kegiatan bersama dalam
rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan
·
Organisasi dalam arti dinamis
Organisasi
adalah suatu aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang telah
mengikatkan diri dalam organisasi baik yang bersifat formal maupun informal.
Berdasarkan
pengertian di atas maka dapat diketahui ciri-ciri/karakteristik dari organisasi
yaitu:
1)
Ada suatu
kelompok orang tertentu
2)
Ada kegiatan
yang berbeda tapi satu sama lain saling berkaitan sehingga merupakan kesatuan
usaha/kegiatan
3)
Ada pembagian
tugas, tanggung jawab, wewenang, koordinasi dan pengawasan
4)
Setuiap anggota kelompok memberikan sumbangan
usaha/tenaga
5)
Ada suatu
tujuan tertentu
Bentuk/Tipe Organisasi
Sebelum
berbagai bentuk organisasi perlu dikemukakan bahwa kita tidak dapat mengatakan
bahwa suatu bentuk organisasi itu adalah lebih baik daripada bentuk organisasi
yang lainnya, karena segala sesuatunya tergantung dari kondisi dan kemampuan
anggota kelompok organisasi tersebut yang tentunya tidak akan sama bagi
kelompok lainnya.
Sebuah Organisasi disusun berdasarkan tugas yang perlu dilaksanakan dan bagaimana metode yang
dipakai untuk menjalankan tugas itu. Biasanya tugas dilaksanakan dengan
menyelenggarakan beberapa fungsi yang berhubungan dengan tugas itu, sedang
fungsi ini dijalan kan
dengan cara membagi-bagikannya kepada tugas yang terperinci lagi, dan
seterusnya. Dalam wadah kegiatan (organisasi), setiap unsur yang terlibat harus
mengetahui dengan jelas dan kewajiban, tanggung jawab, wewenang, hubungan kerja
serta tata kerja organisasi.
Berdasarkan proses pengembangan organisasi, ada beberapa
bentuk struktur organisasi yang umumnya dipilih atas dasar sifat dan lingkup
aktivitas dalam organisasi, yaitu sebagai berikut :
1.
Organisasi garis (Line Organization)
2.
Organisasi fungsional (Functional Organization)
3.
Organisasi Divisional (Divisional Organization)
4.
Organisasi garis dan Staff (Line and Staff
Organization)
5.
Organisasi panitia (Committee Organizaion)
Organisasi
Garis
Ciri-ciri organisasi garis :
·
Bentuk organisasi sangat sederhana
·
Anggota organisasi mempunyai tugas pokok dan
bertanggung jawab atas kegiatan yang secara langsung menghasilkan produk yang
diminta oleh tugas pokok tadi
·
Pimpinan organisasi mengawasi semua fungsi yang
diperlukan untuk menjalankan organisasi (seperti tugas perencanaan, pembagian
tugas dan pengawasan)
·
Hubungan antara pimpinan dan anggota bersifat langsung
·
Lebih cocok untuk menjalankan aktivitas yang sifat dan
tujuannya sederhana dengan volume kegiatan yang relatif kecil.
Keuntungan :
Ø Kesatuan
komando tampak menonjol karena pimpinan terletak dalam satu tangan
Ø Pimpinan
langsung berhubungan dengan anggota, sehingga koordinasi relatif mudah
Ø Pengambilan
keputusan dapat dilakukan dengan cepat
Ø Pengawasan
secara ketat terhadap kegiatan bawahan dapat dilaksanakan dengan mudah
Kerugian :
Ø Pelaksanaan
seluruh aktivitas organisasi hanya tergantung pada satu orang yaitu pimpinan.
Ø Pimpinan
mempunyai kewenangan mutlak sehingga cenderung bertindak otoriter
Ø Anggota
Organisasi terutama para bawahan tidak punya kesempatan berkembang
Organisasi
Fungsional
Ciri-ciri organisasi fungsional :
·
Fungsi/tugas dapat dibagi-bagi menjadi beberapa bagian
di mana masing-masing bagian diberi kepercayaan untuk mengatur dan menjalankan
fungsinya.
·
Kepala suatu bagian adalah orang yang ahli di
bidangnya sehingga diharapkan efisiensi yang maksimal dari pelaksanaan tugas
masing-masing
·
Masing-masing bagian mempunyai fungsi sebagai
pelaksana sehingga bisa memiliki organisasi pelaksana pula
·
Bentuk organisasi
ini diterapkan untuk organisasi dengan sifat dan jumlah aktivitas yang
lebih besar dan dapat dikembangkan sesuai dengan tumbuhnya usaha
Keuntungan :
Ø Tugas
pimpinan menjadi lebih ringan karena sudah ada pembagian tugas sesuai bidang
Ø Karena tiap
bidang dipimpin oleh orang yang ahli di bidangnya maka diharapkan efisiensi
yang maksimal dari pelaksanaan tugas masing-masing
Ø Kemampuan
dan spesialisasi anggota dapat dikembangkan karena difungsikan secara optimal.
Kerugian :
Ø Saluran
hirarki yang harus dikuasai oleh seorang kepala bagian menjadi sangat banyak
yang bisa melampaui kemampuannya
Ø Pimpinan
tertinggi yang harus melakukan koordinasi, kurang memahami kegiatan secara
terperinci dari masing-masing bagian
Pelaksanaan alih tugas sulit dilaksanakan tanpa
melalui pendidikan
Organisasi
Divisional
Ciri-ciri Organisasi Divisional :
·
Bentuk organisasi ini dititikberatkan pada kemampuan
penguasaan seseorang yang terbatas untuk memperhatikan sejumlah permasalahan
sekaligus.
·
Tugas dibagi-bagi kepada beberapa kelompok
pelaksanaaan yang umumnya serupa/identik.
·
Masalah keuangan yang rumit tetap dikuasai oleh
pimpinan lewat divisi tersendiri
·
Masing-masing kelompok mendapatkan kekuasaan penuh
sampai batas-batas tertentu untuk mengatur dan menjalankan tugasnya
Keuntungan :
Ø Tiap-tiap
Divisi (Kelompok) akan menyelesaikan tugasnya dengan mudah dan cepat karena apa
yang dikerjakan sesuai keahliannya dan telah diberi tanggung jawab penuh untuk
mengatur dan menjalankan tugasnya.
Ø Mutasi
antar divisi bisa dilaksanakan pada posisi jabatan sama atau meningkat
Kerugian :
Ø Hanya dapat
diterapkan apabila tugas yang diselenggarakan bersifat umum dan serupa untuk
semua bagian
Ø Pengembangan
keahlian sukar dilaksanakan karena tugasnya sebuah keahlian saja
Organisasi
Garis dan Staff (Line and Staff)
Ciri-ciri Organisasi Garis Staff :
·
Fungsi administrasi dan fungsi operasional dipisahkan
secara tegas
·
Fungsi staf adalah bagian yang bertanggung jawab untuk
membantu pimpinan tertinggi di dalam memimpin dan mengendalikan pelaksanaan
tugas pokok organisasi.
·
Fungsi garis merupakan bagian yang bertanggungjawab
terhadap kegiatan operasional dan secara berantai semua unsur pelaksana ini
berhubungan garis hirarki dengan pimpinan tertinggi.
·
Secara anatomis dapat dikatakan bahwa fungsi staf
merupakan otak organisasi, sedangkan fungsi garis merupakan bagian-bagian tubuh
lainnya yang diperlukan untuk bekerja keras dan menghasilkan produk secara
fisik.
Keuntungan :
Ø Pimpinan
dibantu oleh staf ahli sesuai bidangnya masing-masing
Ø Terdapat
pembagian tugas yang jelas antara pimpinan, staf dan pelaksana
Ø Kemampuan
anggota dapat dikembangkan sesuai keahliannya
Kerugian :
Ø Sering
timbul ketidakjelasan arus pemberian perintah dan pengarahan dari staf pimpinan
Ø Koordinasi
dalam pelaksanaan dan pengawasan lebih kompleks
Organisasi
Panitia
Ciri-ciri Organisasi Panitia :
·
Jangka waktu pelaksanaan tugas/kegiatan relatif pendek
·
Volume kegiatan tertentu
·
Kepemimpinan dan tanggung jawab dilaksanakan secara
bersama/kolektif
·
Semua anggota panitia mempunyai tanggung jawab,
wewenang dan hak yang sama
·
Para anggota
dikelompokkan menurut bidang tugas yang akan dilaksanakan
Keuntungan :
Ø Kepemimpinan
dilaksanakan dengan lancar
Ø Keputusan
dapat diambil secara tepat
Ø Pembinaan
kerjasama para anggota mudah dilaksanakan
Kerugian :
Ø Sulit
menentukan penanggungjawab apabila terjadi hambatan
Ø Kemampuan
para anggota kurang dapat berkembang
0 komentar:
Posting Komentar