Jumat, 15 Mei 2015

Mengenal Pondasi Dari Beton Bertulang

Pondasi Dari Beton Bertulang

Seperti diketahui bahwa beton adalah terdiri dari campuran antara bahan pengikat Portland Cement (PC) dengan bahan tambahan (pengisi) pasir dan krikil dalarn jumlah perbandingan tertentu ditambah dengan air secukupnya hingga menjadi adukan beton yang siap untuk dituangkan (dicorkan) kedalam acuan beton (bekisting).

Cara mencampur beton ada 2 macam yaitu :

1. Berdasarkan atas perbandingan berat.

2. Berdasarkan atas perbandingan isi (volume).

Pebandingan campuran beton untuk konstruksi beton seperti: kolom, lantai, balok lantai, balok ring, balok sloof, plat kaki, dan sebagainya adalah 1Pc : 2Ps : 3Kr, sedang untuk beton rapat air seperti: bak tandon air, atap plat beton (dak), luifel dan sebagainya adalah 1 Pc : 1 1/2 Ps : 2 1/2 Kr.

Beton mempunyai sifat sanggup mendukung tegangan tekan dan boleh di kata tidak sanggup sama sekali mendukung tegangan tarik, huigga pada beton yang menerima tegangan tarik harus diberi tulangan yang dapat mendukung tegangan tarik yang timbul, dan tegangan tekan diterima oleh beton. Dengan pengetahuan ini, maka dapat dibuat bennacam-macam konstruksi dari beton bertulang. Bentuk pondasi beton dapat dilihat pada gambar dibawah

Pondasi Pias

Pondasi pias terdiri dari sebuah plat yang lebarnya tergantung dari pada berat dinding tembok dan daya dukung tanah dasar yang diperkenankan.

Daya dukung tanah dasar mungkin besar, lebar plat B akan makin kecil. Karena tekana tanah dasar, ujung plat dengan lengan mendukimg ke atas, sehingga pada bagian bawah plat yang tertarik harus diberi tulangan.

Tabel plat d dan banyaknya tulangan dapat ditenhikan atas dasar momen lenhu­untuk panjang plat 1 meter sebesar : ½ .q.a.2 (Gambar).

Karena makin keujung momen lenturnya makin kecil, maka tebal plat makin ke ujung dapat dikurangi (Gambar).

Bagian bawah plat menerima tegangan tarik, maka tulangan pokok harus diletakkan pada bagian bawah plat dengan arah tegak lurus terhadap dinding tembok, sedang tulangan pembagi sebanyak 20% dari luas tampang tulangan pokok dipasang sejajar terhadap dinding tembok atau tegak lurus terhadap tulangan pokok.






Gambar Pondasi Pias Beton bertuiang

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts