Sabtu, 23 Mei 2015

Kuda-kuda dari Kayu

Kuda-kuda dari Kayu

Pada pembuatan kuda-kuda dari kayu yang harus diperhatikan adalah penempatan sambungan , karena sambungan merupakan titik terlemah dari struktur kuda-kuda kayu. Oleh karena itu sambungan harus ditempatkan pada gaya atau momen yang minimum. Disamping itu sambungan harus dirancang sedemikian rupa sehingga perlemahan dapat ditekan sekecil mungkin. 

Biasanya sambungan kayu lebih lemah memikul gaya tarik daripada memikul gaya tekan oleh karena itu untuk menyederhanakan bentuk sambungan pada titik buhul, maka pada gaya batang yang cukup besar supaya diusahakan berupa batang tekan karena pada batang tekan bentuk hubungan dapat dibuat bentuk gigi yang syarat-syaratnya tidak memerlukan tempat yang luas, 

sedangkan pada batang yang mendukung gaya tarik yang besar akan membutuhkan alat sambung baut cukup banyak jumlahnya sehingga pengaturan letak baut yang memenuhi syarat akan memerlukan tempat yang luas dan dapat menyulitkan pengerjaan sambungan.

Ukuran kayu kuda-kuda biasanya tidak ditentukan oleh perhitungan yang disebabkan karena beban, melainkan banyak ditentukan oleh persyaratan cara-cara penempatan/letak alat sambung padahal ukuran kayu kuda-kuda pada umumnya sudah cukup aman. Tetapi walaupun demikian sebaiknya harus dihitung apakah tegangan yang timbul pada tiap-tiap batang telah memenuhi syarat, artinya tegangan yang timbul harus lebih kecil daripada tegangan yang diijinkan.


Beugel-beugel (sengkang) yang dipasang pada hubungan kuda-kuda sangat berguna untuk membuat hubungan pada tiap-tiap titik buhul agar menjadi mantap kedudukannya sehingga dapat diharapkan tidak terjadi perubahan akibat pergeseran kedudukan batang pada hubungan-hubungan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts