Sabtu, 23 Mei 2015

KUDA KUDA ATAP

KUDA-KUDA

Kuda-kuda pada umumnya merupakan suatu struktur penyangga atau pendukung utama dari struktur atap, sehingga bentuk kuda-kuda dibuat serupa dengan bentuk atapnya.

Kuda-kuda dibentangkan bebas di atas dua tumpuan atau perletakan yaitu dinding/ tembok yang terletak di bagian tepi bangunan/gedung. sehingga dengan demikian perencana dapat mengatur pembagian ruangan dengan leluasa. kecuali itu pada gedung-gedung pertemuan, show room atau gedung pameran, bengkel, pabrik dan sebagainya dimana dibutuhkan ruangan yang luas tanpa ada tiang-tiang tengah, maka penerapan struktur kuda-kuda sebagai kerangka penyangga struktur atap sangat tepat.

Struktur kuda-kuda harus memenuhi syarat kuat, ekonomis, dan kaku /tidak boleh berubah bentuk ( deformasi ), untuk itu dipilih susunan dari beberapa bentuk segitiga hingga menjadi bentuk kuda-kuda sesuai dengan bentuk atap yang didukungnya, sebab susunan bentuk segitiga tidak mudah berubah/bergoyang.

Beban atap yang harus didukung oleh kuda-kuda melalui gording-gording sedapat mungkin diterima tepat pada titik buhul, Sehingga gaya-gaya yang bekerja pada struktur rangka batang hanyalah gaya normal tekan dan tarik saja. penempatan gording tepat diatas titik buhul juga bertujuan untuk menghindarkan terjadinya momen lentur. Didalam praktek biasanya terdapat penyimpangan-penyimpangan ini supaya diusahakan sekecil mungkin sehingga struktur secara teknis dapat dipertanggung jawabkan.

2 komentar:

  1. Stainless Steel - Stainless Steel in Menorquin
    The Stainless Steel Stainless Steel Stainless Steel titanium vs stainless steel model 1 stainless edc titanium steel is made from mens wedding bands titanium a premium titanium pot steel frame, titanium blue approximately 11.5" long by 7.7" in length and $55.00 · ‎In stock

    BalasHapus

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts