Kamis, 14 Mei 2015

Pondasi Adalah

Pondasi

Pondasi adalah bagian terbawah dari sebuah bangunan - sedangkan substruktur - dibangun sebagian atau seluruhnya di bawah permukaan tanah. Fungsi utamanya adalah menopang dan mengangkur superstruktur di atasnya dan menyalurkan beban-beban dengan aman ke dalam tanah. Karena berfungsi sebagai mata rantai yang penting dalam mendistribusikan beban bangunan, sistem pondasi harus didesain untuk mengakomodasi bentuk dan layout superstruktur di atasnya dan me­respon variasi kondisi tanah, batu, dan air di bawahnya.

Beban utama pada pondasi adalah kombinasi dari beban hidup dan beban mati yang bekerja secara vertikal pada superstruktur Untuk tambahan, sebuah sistem pondasi harus mengangkur superstruktur dari pergeseran, pembelokan dan pengangkatan akibat gaya angin, menahan gerakan tanah mendadak akibat gempa dan menahan tekanan akibat massa tanah di sekitarnya dan air tanah pada dinding-dinding basemen. Dalam beberapa kasus, sebuah sistem pondasi juga harus me­nahan daya tolak dari struktur lengkung atau struktur tegang.

Pondasi harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut

  • Bentuk dan strukturnya harus menunjukkan suatu struktur yang kokoh dan kuat untuk mendukung beban bangunan di atasnya.
  • Pondasi harus dibuat dari bahan yang tahan lama (awet) dan tidak mudah hancur (kuat), sehingga kerusakan pondasi tidak mendahului kerusakan bagian banguran di atasnya.
  • Tidak boleh mudah terpengaruh oleh keadaan di luar pondasi, misalnya keadaan (kondisi) air tanah dan lain-lain.
  • Pondasi harus terletak diatas tanah dasar yang cukup keras sehingga kedudukan pondasi tidak mudah bergerak (berubah), baik bergerak ke samping, bergerak ke bawah (turun) atau mengguling

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts