Kamis, 14 Mei 2015

MACAM-MACAM PONDASI

MACAM-MACAM PONDASI


Berdasarkan bentuk dan strukturnya, pondasi dibedakan menjadi beberapa macam yaitu:


1. Pondasi Menerus adalah pondasi yang dibuat menerus sepanjang/ sekeliling tembok bangunan. Pondasi jenis ini biasanya dibuat dari pasangan bata, pasangan batu kali, batu padas/karang, beton bertulang .


2. Pondasi Setempat adalah pondasi yang dibuat pada tempat-tempat tertentu dan biasanya pada setiap kolom beton untuk bangunan bertingkat seperti: pondasi plat kaki (foot plat), pondasi bor file, pondasi tiang pancang, pondasi sumuran dan sebagainya.


3. Pondasi Cakar Ayam. Adalah pondasi yang terbuat dari beberapa buah silinder (pipa) beton yang dibagian atasnya disatukan dengan plat beton. Pondasi jenis ini cocok untuk tanah rawa seperti Bandar Udara Cengkareng.


4. Pondasi Sarang Laba-laba. Adalah pondasi yang berbentuk plat beton lebar kemudian diperkuat dengan balok -balok yang menghubungkan antara tiang yang satu dengan yang lain ke arah X dan Y sebagai balok utama dan pembagi serta diagonal yang menyerupai rangkaian sarang laba-laba.


Sedangkan berdasarkan kondisi tanahnya dibedakan menjadi:


1. Pondasi langsung adalah Pondasi yang langsung dibangun diatas tanah yang cukup keras. Dan biasanya pondasi jenis ini dibuat jika dalamnya lapisan tanah keras tidak lebih dari 1 m.


2. Pondasi tak langsung. Jika kondisi tanahnya lembek dan lapisan tanah kerasnya sangat dalam maka pondasi biasanya dibangun di atas suatu struktur penghubung seperti: tiang pancang, cerucuk, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts