Sabtu, 23 Mei 2015

Hubungan antara Resiko Gempa dengan Kekuatan Bangunan

Hubungan antara Resiko Gempa dengan Kekuatan Bangunan

Dalam hal ini melihat kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa maka harus disadari bahwa resiko gempa tersebut adalah sangat tinggi terjadi terutama di daerah-daerah yang masuk ke dalam jalur-jalur gempa seperti yang telah disebutkan sebelumnya termasuk Indonesia dimana Indonesia terletak dalam dua buah jalur gempa yang tentu harus disadari bahwa resiko gempa di Indonesia cukup tinggi.

Dari kenyataan tersebut maka diperlukan suatu kajian atau perencanaan yang sungguh-sungguh dan mendalam mengenai kegempaan suatu wilayah untuk meminimalkan bencana yang terjadi (terutama efeknya terhadap bangunan-bangunan infrastruktur yang ada di masyarakat). 

Untuk itu perlu kiranya kita lihat label di bawah ini yang mana merupakan suatu saran dari ATC (Applied Technology Council) terkait dengan perencanaan suatu struktur bangunan (menyangkut kekuatan dari struktur bangunan tersebut) didasarkan atas tingkat resiko gempa yang terjadi atau diterima oleh struktur bangunan yang direncanakan. 

Saran dari ATC ini kiranya dapat menjadi acuan dalam perencanaan suatu struktur bangunan yang juga akan terkait dengan nilai ekonomis dari bangunan yang bersangkutan.



Tabel Saran dari ATC (Applied Technology Council)
Tingkat Gempa
Akibat Gempa
Gempa besar
Struktur boleh rusak tetapi tidak parah sehingga tidak terjadi keruntuhan agar tidak terjadi korban jiwa
Gempa sedang
Bagian non struktur boleh rusak tetapi bagian struktur tidak boleh rusak
Gempa kecil
Tidak boleh ada kerusakan

Dari dasar acuan tersebut di atas akhirnya dapat juga diperkirakan biaya dari suatu bangunan dimana dalam memperkirakan biaya bangunan harus memperhatikan biaya pembuatan bangunan dan biaya perbaikan akibat kerusakan yang disebabkan oleh gempa selama bangunan itu berdiri


Gambar
Grafik hubungan biaya dengan kekuatan bangunan

Dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kekuatan bangunan semakin besar biaya pembuatannya tetapi semakin murah biaya perbaikannya.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts