Selasa, 07 April 2015

Tugas dan kewajiban Personil Proyek Konstruksi

Tugas dan kewajiban Personil dalam Organisasi

Di dalam sebuah organisasi dengan tipe Line & Staff, kita dapat menetapkan tugas masing-masing personil adalah sebagai berikut :

a.    Pimpinan/Direktur
-       Menetapkan kebijaksanaan pelaksana tugas Organisasi
-       Menetapkan  struktur organisasi pelaksanaan tugas
-       Memperinci fungsi manajemen dan mendelegasikan wewenang kepada para bawahan
-       Menetapkan sistem administrasi & prosedur untuk keperluan manajemen
-       Menetapkan tenaga ahli untuk membantu pelaksanaan tugasnya

b.    Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan
-            Bertanggungjawab langsung kepada pimpinan dalam mengembangkan fungsi staf dan penerapan sistem administrasi dan prosedur yang sesuai dengan keperluan manajemen.
-            Mendapatkan personil untuk manajemen yang cukup cakap untuk menduduki fungsi penting di dalam organisasi.
-            Mempersiapkan rencana pembagian tugas (job description) yang menyangkut wewenang dan tanggung jawab setiap anggota dari manajemen.
-            Mempersiapkan suatu buku petunjuk (manual) mengenai sistem dan prosedur administratif sebagai pegangan bagi semua personil di dalam organisasi dalam hal administrasi umum dan lainnya yang ada dalam batas-batas tanggung jawabnya. Dalam rangka ini termasuk juga pengendalian penyaluran keuangan, pertanggungjawabannya dsb.

c.    Kepala Bagian Teknik
-            Bertanggung jawab langsung kepada Kepala Proyek untuk penyelenggaraan persiapan survey analisa lapangan, design dan gambar pelaksanaan, spesifikasi dan perkiraan anggaran pembiayaan untuk pelaksanaan.
-            Membantu koordinator proyek dalam planning dan programming demikian juga penyesuaiannya dengan perkembangan situasi pelaksanan proyek
-            Memberikan persetujuan kepada semua rencana, spesifikasi dan gambar-gambar rencana sebelum dikeluarkan untuk dilaksanakan.
-            Menyelenggarakan hubungan dengan pihak pemberi perintah kerja dalam hal yang berkaitan teknik pelaksanaan.
-            Memberikan penyelesaian atas usul perubahan desain dari lapangan berdasarkan persetujuan pemberi perintah kerja supaya tidak menghambat kemajuan pelakanaan di lapangan.

d.   Kepala Logistik
-            Bertanggungjawab langsung kepada pimpinan di dalam menyelenggarakan kegiatan penyediaan perbekalan dan peralatan untuk proyek.
-            Memberikan bantuan dan jasa kepada satuan pelaksana di dalam masalah yang sifatnya khusus logistik (pergudangan, perbengkelan, angkutan dsb).
-            Memberikan bantuan kepada  koordinator proyek dalam hal pengendalian penggunaan peralatan untuk konstruksi
-            Melakukan pengawasan terhadap kondisi dan penggunaan yang tepat dari peralatan.
-            Memberikan data kepada bagian teknik mengenai analisa biaya peralatan dalam kondisi yang ada dan yang berhubungan dengan kemampuan produktif beserta biaya operasionalnya.

e.    Koordinator Proyek
-    Bertanggungjawab langsung kepada pimpinan dalam mengembangkan fungsi-fungsi pelaksanaan dan penerapan prosedur konstruksi.
-          Mengatur pelaksanaan pekerjaan dari Site Manajer untuk mencapai sasaran operasional
-    Menetapkan planning dan schedulling system untuk keperluan pengendalian pelaksanaan.
-        Mengadakan pertemuan periodik dengan semua Site manajer untuk mengadakan review terhadap kemajuan pekerjaan masing-masing dalam hubungannya dengan tugas organisasi dan memberikan petunjuk mengenai tindakan selanjutnya
-            Menginformasikan kebijakan-kebijakan pimpinan yang baru.

f.     Site Manajer Proyek
-            Bertanggung jawab kepada koordinator proyek dalam hal memimpin pelaksanaan secara fisik, konstruktif proyek di lapangan berdasarkan rencana dan spesifikasi yanga ditetapkan.
-            Melaksanakan tindakan kepemimpinan untuk sartuan-satuan pelaksana yang ada di bawahnya agar tugas pokok bisa  terlaksana secara nyata di lapangan.

-            Membuat laporan secara periodik tentang jalannya pelaksanaan, hasil yang dicapai serta penggunaan bahan dan keuangan proyek.    

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts