Selasa, 07 April 2015

Bill Of Quantity / Daftar Kuantitas / BQ Proyek

Daftar Kuantitas/Bill of Quantity/BQ

Daftar Kuantitas memuat jenis pekerjaan, volume dan satuan pengukuran dari semua item pekerjaan yang akan dilaksanakan. Volume pekerjaan ini dihitung oleh Perencana berdasarkan gambar rencana yang telah disetujui oleh pemberi tugas. Daftar kuantitas ini bisa diberikan kepada Kontraktor sebagai bagian dari dokumen tender dan bisa pula tidak tergantung dari sistem pelelangan yang diterapkan oleh panitia lelang.
Daftar kuantitas yang dikalikan dengan harga satuan pekerjaan merupakan Rencana Anggaran Biaya (RAB) proyek yang disusun oleh Perencana. RAB proyek yang disusun Perencana setelah disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi Pemilik Proyek untuk melakukan pelelangan akan ditetapkan sebagai  ”Harga Perkiraan Sendiri” (HPS). HPS akan dipakai pedoman oleh pemilik proyek (owner) dalam mengevaluasi penawaran dari Kontraktor.
Bila BQ diberikan kepada Kontraktor : akan menjadi pedoman bagi Kontraktor dalam menyusun RAB penawaran dan akan memudahkan panitia dalam evaluasi penawaran karena uraian jenis pekerjaan akan sama dan volumenya sama sehingga hanya perlu mengevaluasi harga satuan dan total harga. Waktu yang diperlukan untuk pengajuan penawaran juga lebih singkat. Umumnya untuk jenis kontrak Unit Price.
Bila BQ tidak diberikan kepada Kontraktor maka tiap kontraktor akan menghitungnya langsung dari gambar rencana yang diberikan sehingga konsekwensinya akan ada perbedaan interpretasi yang akhirnya akan menghasilkan perbedaan volume tiap-tiap jenis pekerjaan. Panitia harus mengevaluasi volume, harga satuan dan total harga. Harus diberikan waktu yang cukup untuk kontraktor dalam mengajukan penawaran. Umumnya untuk jenis kontrak lump sum.

Keterangan-keterangan lain


Berupa Berita Acara penjelasan mengenai Dokumen Tender yang diberikan saat pemberian penjelasan pekerjaan (Aanwyzing). Keterangan ini bisa berupa gambar, tambahan/pengurangan keterangan tentang syarat-syarat Administrasi maupun Teknis.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Recent Posts